MTs – MA Yajri Siap Laksanakan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Daring

Demi menekan penyebaran virus corona atau Covid-19, satuan pendidikan di sejumlah wilayah Indonesia kini menerapkan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan aplikasi daring. Banyak aplikasi yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran secara online antara lain menggunakan Whatsapp, Google Classroom, Google form, Edmodo, dll.

Untuk menjawab tantangan untuk menyediakan wadah untuk pembelajaran Daring di lingkungan Madrasah. Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Kementerian Agama telah menyediakan aplikasi yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan e-learning madrasah. Aplikasi E-learning Madrasah adalah sebuah aplikasi gratis produk Madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di Madrasah dari mulai Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif. MTs – MA Yajri mencoba mengambil kesempatan untuk menggunakan aplikasi tersebut untuk dijadikan salah satu media pembelajaran daring.

Dikarenakan MTs – MA Yajri merupakan madrasah yang berbasis pesantren, maka kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbasis daring tersebut  baru akan diselenggarakan tanggal 1 Mei 2020 menyesuaikan agenda pesantren. Namun demikian, seluruh guru dan siswa sudah bisa mengakses aplikasi E Learning Madrasah tersebut di laman learningmts.pondokyajri.com untuk MTs Yajri dan learningma.pondokyajri.com untuk MA Yajri.

E-learning madrasah tersebutdiharapkan dapat dipergunakan oleh seluruh guru MTs – MA Yajri guna menunjang pembelajaran yang lebih terstruktur, menarik, dan interaktif. Sehingga, bisa mendorong seluruh guru dan siswa MTs – MA Yajri untuk berinovasi di bidang teknologi informasi. Melalui aplikasi e-learning madrasah tersebut, setiap siswa dan guru dapat mengakses fitur – fitur e-learning madrasah antara lain Kelas Onlien, materi pembelajaran, Ujian Berbasis Komputer (CBT), dan pengolahan penilaian harian.

Untuk lebih memaksimalkan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan e-learning madrasah tersebut, berikut ini kami sampaikan panduan dan tutorial penggunaan aplikasi e-learning madrasah.

  1. Panduan Guru, klik di sini untuk mengunduh
  2. Panduan Siswa, klik di sini untuk mengunduh

Video tutorial untuk siswa

Video tutorial untuk guru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *