Tidak Bisa Masuk E-Learning Madrasah ??? ini Solusinya

Postingan ini sata buat untuk menanggapi pertanyaan – pertanyaan siswa seputar elearning madrasah. Tepatnya banyak siswa yang terkendala dan tidak bisa masuk atau login ke dalam aplikasi elearning madrasah.

Berdasarkan inventarisasi yang saya buat terhadap komplain siswa terdapat beberapa permsalahan yang paling sering dikeluhkan. Dan alhamdulillah sejauh yang saya ingat hampir semua bisa diatasi. Berikut ini beberapa permasalah elearning madrasah beserta solusinya.

Proses Authentication Gagal

Dari semua komplain, kesalahan otentifikasi data lah yang paling sering terjadi. Tandanya, setelah dimasukan username dan password lalu klik login muncul pemberitahuan Proses Authentication Gagal.

Nah lalu bagaimana mengatasinya ? kegagalan otentifikasi tersebut ada beberapa alasan dan sebenarnya juga sudah dimunculkan melalui popup warning yang muncul termasuk pemecahannya. Pada popup warning yang muncul sudah disebutkan : Akun Anda tidak ditemukan, Mohon periksa Username atau Password yang Anda masukkan

Jadi ada 3 kemungkinan yang menjadi penyebabnya :

  1. Salah Username
  2. Salah Password
  3. Salah Username dan Password

Dan berikut ini kesalahan yang paling sering dialami oleh siswa

– user ditulis dengan nama (harusnya dengan user berupa angka sesuai yang tercantum di kartu)

– Password ditulis kecil (harusnya kapital)

– tertukar antara huruf “o”dengan angka “0” (nol) atau sebaliknya.

Biasanya memang siswa langsung auto panik ketika muncul warning gagal. Tenang saja kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda xox.

Tidak Bisa Klik Tombol Login

Penyebab dari permasalahan ini bervariasi dan tidak bisa saya pastikan secara pasti. Permasalahan “Tidak Bisa Klik Tombol Login” ini lebih dikarenakan perangkat yang digunakan oleh user. Termasuk software atau aplikasi yang dipakai. Ada beberapa perangkat hp yang aplikasinya perlu diupgrade, perlu intal plugin, atau minimal dibersihkan cachenya.

Nah lalu solusinya gimana ??? Ganti HP lah ! hehe …

enggak enggak, bercanda. Walaupun itu juga bisa jadi solusi sih. Hehe.

Solusi yang bisa dicoba adalah dengan ganti aplikasi. Jika sebelumnya menggunakan aplikasi google chrome, bisa ganti dengan uc web, opera mini, internet bawaan hp, atau sebaliknya. Atau bisa juga diuninstall aplikasi tersebut, lalu install lagi melalui playstore atau appstore.

Tertutup Iklan

Masalah ini biasa dialami ketika menggunakan apk android. Hal tersebut dikarenakan APK tersebut dibuat melalui platform pembuat apk secara online, sehingga platform tersebut memunculkan iklan di aplikasi tersebut.

Solusinya ? Uninstall dan hapus apk tersebut. Silahkan Beralih ke browser chrome, uc web, opera mini, atau yang lain.

Demikian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat. Setidaknya mengatasi gejala autopanik siswa (dan orang tua) ketika menjumpai troble di sistem Elearning Madrasah. (Ad)

Tinggalkan Balasan