Selayang Pandang : Pondok Yajri Payaman

Sejarah Singkat

Berlokasi di Desa Payaman Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, Yayasan Bakti Yajri,  mendirikan 3 lembaga pendidikan sebagai bentuk pengabdian dan sumbangsih kepada masyarakat. Lembaga pendidikan tersebut adalah MTs Yajri, MA Yajri dan Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin II. Tidak serta merta, pendirian lembaga tersebut melalui sejarah yang panjang, bahkan dimulai sejak tahun 60-an.

Dokumentasi Peresmian Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasi 2, 9 Juli 1993

Lembaga tersebut berdiri sejak tahun 1966/1967 dengan nama Madrasah Mu’allimin Mu’allimat 6 Tahun, yang kemudian berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah Yajri (setara SLTP) dan Madrasah  Aliyah Yajri (setara SLTA) pada tahun 1976 setelah adanya SKB 3 Menteri RI.

KH. Minanurrohman Anshori (tengah, berjas) bersama beberapa tokoh masyarakat

Namun dalam perjalanannya, perkembangan madrasah ini kurang menggembirakan karena madrasah dipandang sebagai sekolah nomor 2 setelah sekolah umum ataupun kejuruan. Untuk itu perlu terobosan baru sebagai solusi. Dengan menyelenggarakan pendidikan non formal berupa pesantren di bawah pimpinan dan asuhan KH. Minanurrohman Anshori, yang merupakan pengembangan dari Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin Payaman, akhirnya madrasah tersebut mulai “bangkit”.

Dewasa ini, Pondok Pesantren Sirojul Mukhasin 2 dipandang sebagai salah satu Pesantren yang tergolong besar di Kabupaten Magelang. Dikatakan besar dilihat dari kuantitas santri saat ini, pesantren ini memiliki lebih dari 1.200 santri. Dengan angka itu, pesantren yang terkenal dengan sebutan Pondok Yajri tersebut  termasuk pesantren yang memiliki jumlah santri terbanyak di Kecamatan Secang.

Sebagaimana telah disebutkan di awal, bahwa selain pesantren Yayasan Bakti Yajri juga menaungi dua lembagai pendidikan yang lain, yaitu MTs Yajri dan MA Yajri. Meski demikian pengelolaan program pendidikan, kurikukum serta administrasi tetap terintegrasi, sehingga tercipta suasana pendidikan yang kondusif.

Sistem Pendidikan

Pengajian sorogan bersama Abah KH. Minanurrohman Anshori

Pondok Yajri mengkolabrosikan antara sistem pendidikan formal dan sistem pendidikan salaf / pesantren, hal ini tidak terlepas dari pengalaman dan latar belakang pendidikan  Pengasuh Pesantren, KH. Minannurohman Anshori,  yang menimba pendidikan formanya di Pondok Modern Gontor selama 6 tahun, kemudian menyempurnakan pendidikanya di Ponpes Salaf Sarang Rembang di bawah asuhan Simbah KH Maemun Zubair langsung. Di Sarang, beliau menimba ilmu dan berkhidmat selama kurang lebih 8 tahun di era tahun 70-80an.

Dalam perjalanannya, perbaikan demi perbaikan terus dilakukan secara bertahap dalam peningkatan dan pengembangan sistem pendidikan dan pembinaan siswa-santri maupun dalam peningkatan kualitas output-nya. Perubahan dan pembaharuan ini dimaksudkan sebagai kesiapan madrasah dan pesantren dalam menghadapi tantangan dan tuntutan global.

Tinggalkan Balasan