MTs Yajri

Selayang Pandang

Sejarah Singkat

Berlokasi di Desa Payaman Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, Yayasan Bakti Yajri,  mendirikan 3 lembaga pendidikan yang sebagai bentuk pengabdian dan sumbangsih kepada masyarakat. Lembaga pendidikan tersebut ialah MTs Yajri, MA Yajri dan Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin II. Tidak serta merta, pendirian lembaga tersebut tentu melalui sejarah yang panjang bahkan sejak tahun 60-an.

Lembaga tersebut berdiri sejak tahun 1966/1967 dengan nama “Madrasah Mu’allimin/Mu’allimat 6 Tahun”, yang kemudian berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah Yajri (setara SLTP) dan Madrasah  Aliyah Yajri  (setara SLTA) pada tahun 1976 setelah adanya SKB 3 Menteri RI. Namun dalam perjalanannya, perkembangan madrasah ini kurang menggembirakan karena madrasah dipandang sebagai sekolah nomor 2 setelah sekolah umum ataupun kejuruan. Untuk itu perlu terobosan baru sebagai solusi, dengan menyelenggarakan pendidikan non formal berupa pesantren di bawah pimpinan dan asuhan KH. Minanurrohman Anshori, yang merupakan pengembangan dari Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin Payaman. Nama “Sirojul Mukhlasin II” sampai saat ini masih dipertahankan untuk mengabadikan nama KH. Sirodj sebagai pendiri pondok dan madrasah.

Dalam perjalanannya selama 19 tahun sejak adanya Pondok Pesantren, perbaikan demi perbaikan terus dilakukan secara bertahap dalam peningkatan dan pengembangan sistem pendidikan dan pembinaan siswa-santri maupun dalam peningkatan kualitas output-nya.  Perubahan dan pembaharuan ini dimaksudkan sebagai kesiapan madrasah dan pesantren dalam menghadapi tantangan dan tuntutan global.

Profil Madrasah

Nama Madrasah               : MTs Yajri

NPSN                                    : 20363697

NSS                                        : 121233080050

Alamat                                  : Jalan Kalibening No. 64 Payaman Secang Magelang

Telepon                               : (0293) 365413

Website                               : www.pondokyajri.com dan www.yajri.or.id

Email                                     : yajrimts@gmail.com

Kegiatan Intrakurikuler

Kegiatan Intrakuriluler adalah kegiatan utama persekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program. Kegiatan ini dilakukan guru dan peserta didik dalam jam-jam pelajaran setiap hari. Kegiatan intrakurikuler ini dilakukan untuk mencapai tujuan minimal setiap mata pelajaran/ bidang studi yang tergolong inti maupun khusus.

Kegiatan Intrakurikuler MTs Yajri mengikuti peraturan pemerintah, dalam hal ini Kemdikbud dan Kemenag. Adapun kurikulum yang digunakan adalah kombinasi KTSP dan kurikulum 2013 untuk kelas IX dan kurikulum 2013 untuk kelas VII dan VIII (sesuai peraturan yang berlaku).

Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler dimaksudkan sebagai kegiatan yang diarahkan untuk memperluas pengetahuan siswa, mengembangkan nilai-nilai atau sikap dan menerapkan secara lebih lanjut pengetahuan yang telah dipelajari siswa dalam mata pelajaran program inti dan pilihan. Kegiatan ekstrakurikuler lebih menekankan pada kegiatan kelompok. Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan memperhatikan minat dan bakat siswa, serta kondisi lingkungan dan sosial budaya. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler ditangani oleh guru atau petugas lain yang ditunjuk.

Kegiatan ekstrakurikuler MTs Yajri antara lain sebagai berikut ;

  1. Pramuka
  2. Seni Kaligrafi
  3. Jurnalistik dan Sastra
  4. Seni Beladiri Pagar Nusa
  5. Qiro’ah
  6. Rebana

Struktur Organisasi Madrasah

Kepala Madrasah                                             : Muhamad Abdul Khakim, S.Pd.I

Waka Bid. Kurikulum                                      : Mustanir, S.Pd.I

Waka Bid. Kesiswaan                                      : Achmad Fauzan

Waka Bid. Sarana dan Prasarana                : Muhammad Bahaudin

Bagian Tata Usaha                                           : 1. Fatchur Rozaq, S.Pd.I

                                                                                  2. Ade Listiyanto

Bagian Keuangan                                             : 1. Hanafi Yahya, S.Pd.I

                                                                                  2. Ngabdul Mukti

Kepala Laboratorium IPA                              : Rise Ariyanti, S.P., M.Si

Kepala Perpustakaan                                      : Bintan Maharani, S.Pd.I