Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW. 1441H, Pondok Yajri Gelar Festival Rebana

PONDOK YAJRI – Salah satu pesantren kenamaan di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin 2 atau yang lebih dikenal dengan Pondok Yajri, Sabtu (9/11/2019) menggelar Festival Rebana Klasik. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1441 H.

Tidak kurang dari 9 grup rebana dari perwakilan kelas dan organisasi intra pesantren turut ambil bagian ambil bagian dalam acara yang ditangani oleh Badan Eksekutif Siswa Santri Pondok Yajri tersebut. Pada festival ini, para peserta tidak hanya memperebutkan piala dan hadiah yang telah disiapkan oleh panitia bekerja sama dengan pihak pesantren dan madrasah.

Antusias- Para santri antusias bersholawat mengiringi penampilan peserta Festival Rebana

Oleh panitia, Peserta diberi waktu 15 menit untuk  menampilkan satu lagu wajib yakni Erang – Erang Sekar Panjang, satu lagu bebas dan satu jingle. Lagu Erang – erang sekar panjang dipilih sebagai lagu wajib sebagai bentuk syiar santri payaman terhadap karya KH. Siradj Abdurrosyid atau Simbah Romo Agung. Sebagaimana umum diketahui, Simbah Romo Agung merupakan ulama’ yang menjadi cikal bakal pesantren di Payaman. Lebih dari itu, erang – erang sekar panjang sebagai syair yang sarat dengan pesan moral keagamaan dirasa perlu untuk menjadi pedoman hidup santri, terlebih Santri Payaman.

Ustadz Alwi Ibnu Nafi’ selaku dewan pengurus pesantren yang juga menjadi juri festival tersebut menuturkan bahwa penampilan santri –  santri sangat memukau, banyak penampilan surprise dari anak anak.

“Ternyata mereka sangat kreatif sekali, semua penampilan luar biasa mulai dari jingle, lagu wajib yaitu  erang erang sekar panjang, dan lagu bebas yang dibawakan oleh mereka, sampai dewan juri kesulitan untuk memilih sang juara,” tutur pengurus asal Ungaran tersebut pada tim Sirojuna.

Memukau- Menirukan gaya Habib Syech, salah satu grup peserta memukai penonton dengan mengenakan kostum dan atribut ala habaib.

Ia juga berharap, ke depannya acara semacam ini bisa diikuti oleh grup rebana dari luar Pondok Yajri, dengan begitu acara tentu akan menjadi lebih meriah lagi.

Akhirnya, keluar sebagai juara pada Festival Rebana Yajri adalah juara 1 diraih oleh grup rebana Yasin yang merupakan delegasi dari angkatan kelas 3 MTs dan  juara 2 diraih Grup rebana Darul nging nging perwakilan kelas 1 MA. Sedangkan Grup rebana Ya Fatahu Ya Alim yang merupakan perwakilan kelas 2 MA menempati posisi juara 3. SIROJUNA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *