Kemarau Panjang, Pondok Yajri Gelar Shalat Istisqo

Pondok Yajri Payaman Kabupaten Magelang menggelar shalat istisqo untuk memohon kepada Allah akan rahmat-Nya berupa turunnya hujan, Kamis 03 Oktober 2019.
Sholat Istisqo tersebut tidak hanya diikuti oleh santri Pondok Yajri saja, namun juga diikuti oleh dewan asatidz serta pengurus pondok. Bahkan, Guru dan karyawan MTs – MA Yajri yang memang berada satu kompleks dengan pondok tersebut juga turut dalam barisan sholat tersebut. Karenanya, pelaksanaan sholat istisqo’ berlangsung di sela – sela jam istirahat sekolah MTs – MA Yajri.
Ustadz Muflikhun, yang merupakan salah satu pengurus Pondok menyampaikan bahwa sholat Istisqo ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memohon turunnya hujan, karena wilayah Desa Payaman sudah lama mengalami kemarau sehingga sumber air untuk kehidupan atau aktivitas santri Pondok Yajri yang mencapai seribu lebih sudah sangat terbatas.
“Meskipun semalam sudah sempat gerimis sedikit, namun dirasa belum begitu berdampak pada pasokan air di sumur – sumur yang ada, karenanya kita tetap menggelar sholat istisqo ini, toh, ini juga sudah diintruksikan Abah sejak kemarin,” tutur ustadz lulusan Universitas Al-Ahgaff Yaman kepada Sirojuna.
Memang, sehari sebelum dilaksanakannya sholat istisqo di halaman Pondok Yajri tersebut, KH. Minanurrohman Anshori selaku Pengasuh Pondok mengintruksikan kepada seluruh santri untuk menggelar sholat istisqo di jam istirahat sekolah. Intruksi tersebut disampaikan melalui putra ketiga pengasuh, Gus Affan, di forum pengurus pesantren.
Lebih dari itu, Sholat stisqo ini juga diselenggarakan dalam rangka untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para santri dan seluruh civitas akademika Pondok Yajri Kepada Allah SWT.
“Semoga do’a kita semua bisa dikabulkan, sehingga Payaman dan sekitarnya dapat segera memperoleh rahmat berupa turunnya hujan, karena saat ini sumber air di beberapa daerah sudah banyak yang kering” harap Muflikhun yang juga selaku khotib sholat ostisqo tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *