Tarawih Keliling, Cara NU Kawasan Ini Perkuat Kebersamaan

Jombang, NU Online
Jajaran Pengurus MaZjelis Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur bergabung dengan beberapa badan otonomnya menyertai Safari Ramadhan. Kegiatan diisi dengan tarawih keliling atau Tarling bersama dihargai pengurus NU tingkat desa (ranting).
Ketua MWCNU Kesamben, M Setu mengatakan Safari Ramadhan memilii banyak tujuan positif. “Selain menguatkan persaudaraan dan kebersamaan sesama pengurus NU, ikut juga turut sejuk pasca dihelatnya Pemilu 2019,” katanya, Sabtu (11/5).
Ia menambahkan, Safari Ramadhan sekaligus mengisi tarawih bersama dengan pengurus ranting NU di tambah desa. M Setu berbicara dengan istilah tarawih keliling atau Tarling. Bahkan untuk Tarling ini sudah dimulai MWCNU Kesamben sejak beberapa tahun yang lalu.
“Kegiatan Tarling seperti ini sudah berjalan rutin setiap tahun sejak dua periode yang lalu, disetujui pada periode KH Saikhun sebagai ketua dan saya menjadi sekretaris dilanjut periode Abah H Ach. Syafi’i,” jelasnya.
Untuk sistem Tarling Ramadhan kali ini disusun pembagian wilayah. Para Pengurus MWCNU juga badan otonom (Banom) NU di Kesamben akan memimpin Safari dan Tarling di masing-masing wilayah sesuai jadwal yang telah ditentukan.
“Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan bisa memberi semangat khusus untuk berkhidmat di Nahdlatul Ulama, baik tingkat MWCNU maupun ranting,” ucapnya.
Di luar itu, kegiatan juga penting untuk menciptakan suasana kondusif usai Pemilu. Menurutnya, suasana sejuk setelah Pemilu tentu menjadi harapan bagi berbagai elemen masyarakat, terutama masyarakat yang berada di desa. “Segenap pemerintah di Jombang hingga kini juga membangun daerah damai dengan menggandeng berbagai ormas,” jelasnya.
“Kegiatan ini juga membantu program Muspika dan MUI menciptakan kondisi politik yang sejuk di masyarakat paling bawah sebelum penetapan hasil Pemilu tanggal 22 Mei 2019 mendatang,” katanya.
Saat waktu dan tempat dilakukan safari Ramadhan sebagai berikut:
1. Tanggal 16 Mei 2019 di Masjid Baiturrohim Dusun Ngemplak, Desa Podoroto. 2. Tanggal 18 Mei 2019 di Masjid Attaqwa Desa Gumulan
3. Tanggal 16 Mei untuk PRNU Podoroto, Jombok, Carangrejo, Blimbing, Wuluh, Pojokrejo, Kesamben dan Watudakon.
4. Tanggal 18 Mei untuk PRNU Kedungmlati, Kedungbetik, Pojokulon, Gumulan, Jatiduwur dan Jombatan. ( Syamsul Arifin / Ibnu Nawawi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *